Sabtu, 29 September 2012

mengubah angka menjadi huruf/terbilang


Secara default excel (baik generasi excel 2000, 2003 maupun 2007) tidak memiliki perintah terbilang. Perintah terbilang yang dimaksud disini adalah perintah atau formula untuk mengubah dari angka menjadi kata. Misalkan kita ingin mengubah angka 1,000 menjadi kata seribu, atau seribu rupiah. Kalau hanya sesekali mungkin tidak masalah kita ketik secara manual, bagaimana kalau harus berulang kali mengetikkannya, tentu merepotkan.
Untuk mempermudahnya, anda dapat menggunakan add-in yang ditambahkan sendiri. Download dulu add-in disini. Kemudian ekstrak dan install add-in tersebut. Sebelum install add-in, matikan dulu security macronya, supaya add-in ini bisa jalan.
Untuk Microsoft Office Excel 2000/2003 :
  1. Buka Excel anda.
  2. Masuk ke Tools >> Macro >> Security
  3. Pilih Low kemudian OK
  4. Masuk ke Tools >> Add-ins >> Browse
  5. Arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya
  6. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  7. Klik OK dan siap digunakan
Untuk Microsoft Office Excel 2007 :
  1. Buka Excel Anda
  2. Klik Office Button (tombol yang bulat di pojok kiri atas ) pilih Excel Options
  3. Pilih Trust Centre >> Trust Centre Settings >> Macro Settings
  4. Pada Macro settings pilih Enable All Macrokemudian klik OK
  5. Masuk ke Menu Add-Ins (Di atas True Center)
  6. Klik Go
  7. Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya.
  8. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang padadaftar add-in
  9. Klik OK dan siap digunakan.
Contoh penggunaannya :
Pada cell A1 ketikkan 1000
Untuk menghasilkan terbilang di  cell  A2, ketik rumus 
=terbilang(A1) 
akan menghasilkan kata seribu
=terbilang(A1)&” rupiah”
 akan menghasikan kataseribu rupiah
=proper(terbilang(A1)&” rupiah”) 
akan menghasilkan kata Seribu Rupiah
=upper(terbilang(A1)&” rupiah”) 
akan menghasilkan kata SERIBU RUPIAH

sumber :http://biaseaje.wordpress.com/materi-komputer/mengubah-angka-menjadi-huruf-terbilang/

Selasa, 25 September 2012

belajar Ms word

Belajar Microsoft Word Untuk Pemula

( Tampilan Awal Ms.Word 2007 )
Coba , Dengar dan Rasakan,keindahan dalam sebuah tahap menuju perubahan yang dapat menambah kemampuan bagi diri anda danmemberikan pemamfaatan ilmu yang saya dapat walawpun saya juga masih dalam proses pembelajaran.
Langsung aja ke tahap pembelajaran tapi sebelumnya ada cerita tentang Ms.Word 2007 yang merupakan keluarga besar dari Ms.Office 2007 yang merupakan pengembangan dari Ms.Office 2003 , fitur dalam Ms.Word 2007 ini menalami banyak pengembangan dan yang paling dapat terlihat jelas adalah dalam perubahan tampilan menu dalam Ms.Office 2007.
( Tampilan pada saat Ms.Word 2007 terbuka )
Menu pada saat menekan icon yang terdapat pada sudut kiri atas
Recent Documents
Fitur yang disediakan untuk menampilkan beberapa document yang terakhir dibuka
Menu On Icon
New
Untuk Membuat Dokumen baru dalam Ms.Word
Open
Untuk Membuka Dokumen Ms.Word yang telah dibuat sebelumnya
Save
Untuk Menyimpan Dokumen yang telah dibuat
Save As
Untuk Menyimpan Dokumen baru yang pertama kali dibuat
Print
Untuk Melakukan pencetakan dokumen dengan menggunakan media printer
Prepare
Untuk mempersiapkan authorisasi dalam sebuah dokumen
Send
Untuk mengirimkan dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan media email/fax
Publish
Untuk melakukan publikasian documen dengan menggunakan media Informasi
Close
Untuk menutup atau mengakhiri dalam pembuatan dalam sebuah dokumen
Word Options
Untuk melakukan perubahan pengaturan dalam Ms.Word 2007
Exit word
Untuk keluar dari program Ms.word
Kiranya Cukup dulu dech untuk bagian pertama ini dan insya 4iJ akan segera dilanjutkan pada bagian selanjutnya. < putralovers >

Ms word untuk iPad

Microsoft Office Word Untuk iPad dan iPhone


Microsoft Office Word Untuk iPad dan iPhone – Jika beberapa waktu lalu microsoft sempat ogah ogahan membuat perangkat office untuk perangkat iPad dan iPhone maka kali ini berita bagus buat pengguna gadget apple. Nah, Microsoft telah mempersiapkan perangkat lunak Microsoft Office untuk perangkat Apple, baik iPad maupun iPhone. menurut beberapa pengamat keputusan Microsoft akan meningkatkan penjualan produk baik itu produk Apple dan Microsoft.
office untuk ipad iphone
Dalam pernyataan resmi yang dikutip CNet, pihak Microsoft siap membawa Office ke platform dan perangkat berbeda. Rencana tersebut sekaligus akan memperluas pangsa pasar Microsoft ke depan. Namun, pihak Microsoft masih enggan membicarakannya lebih lanjut.
Sebenarnya meskipun tanpa Microsoft office Apple sendiri sudah memiliki perangkat lunak iWork yang sangat mirip dengan Office. Perangkat lunak tersebut sudah digunakan oleh pengguna iPad dan Mac OS X. Isinya berupa Pages, Keynote, dan Numbers yang juga serupa dengan Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel. Office untuk iPad akan dibanderol sekitar 10 dollar AS, harga yang sama dengan iWork untuk Apple.
Mempersiapkan Office ke iPad dan iPhone juga akan meningkatkan pasar produk Apple yang diambil dari pengguna setia Microsoft Office. Langkah yang dilakukan Microsoft ini mengindikasikan seakan mereka “kalah” dari Apple dan mengakui kepopuleran penggunaan iPad dan iPhone.
Sebelumnya, Microsoft telah mengembangkan software untuk iPad dan iPhone dengan produk-produk buatannya, seprti Bing, Windows Live Messenger, MSN Onit, MSN OnPoint, Microsoft Tag, dan Wonderwall. Kemungkinan, Office untuk iPad dan iPhone ini bakal hadir pada tahun depan, tidak berbeda jauh dengan rencana memasukkan Office untuk Mac pada akhir 2011.
Nah, karena perangkat tersebut masih dalam proses pengembangan ada baiknya buat pengguna iPad dan iPhone yang ingin menggunakan perangkat serupa office yang bisa dijumpai di apple store.

New Progress Microsoft Word




Pengertian Microsoft Word 2010 adalah program pengolah kata non-bebas komersial yang dirancang oleh Microsoft. Inipertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-ToolWord untuk sistem Xenix. versiberikutnya kemudian ditulis untukbeberapa platform termasuk PCIBM menjalankan DOS (1983),Apple Macintosh (1984) , AT & TUnix PC (1985), Atari ST (1986), SCOUNIX, OS / 2, dan Microsoft Windows (1989). Ini adalahkomponen dari sistem Microsoft Office, melainkan juga dijual sebagai produk mandiridan termasuk dalam Microsoft Works Suite. Versi saat ini adalah Microsoft Word 2010untuk Windows dan 2011 untuk Mac.

Asli format file Microsoft Word ditandai baik oleh doc. atau. docx ekstensi file.

Meskipun ". doc" perpanjangan telah digunakan dalam berbagai versi Word, itu benar-benar meliputi empat format file yang berbeda:

    1. Word untuk DOS
    2. Word untuk Windows 1 dan 2; Word 4 dan 5 untuk Mac
    3. Word 6 dan Word 95 untuk Windows, Word 6 untuk Mac
    4. Word 97, 2000, 2002 dan 2003 untuk Windows, Word 98, 2001, X, dan 2004 untukMac

Pengertian Microsoft Word 2010 Yang lebih baru ekstensi menandakan Office OpenXML standar internasional untuk dokumen Office dan digunakan oleh Word 2007 untukWindows, Word 2008 untuk Macintosh, "docx."serta oleh meningkatnya jumlah aplikasidari vendor lainnya, termasuk OpenOffice.org Writer , kata sumber program pengolahterbuka.

Microsoft tidak menjamin tampilan yang benar dari dokumen pada workstation yang berbeda, bahkan jika dua workstation menggunakan versi yang sama dari MicrosoftWord, terutama karena tata letak halaman tergantung pada printer yang sekarang. Iniberarti ada kemungkinan dokumen penerima melihat mungkin tidak persis samadengan dokumen pengirim melihat Pengertian Microsoft Word 2010.

Sejarah dan pertumbuhan: 1981-1995 
Pada tahun 1981, Microsoft menyewa Charles Simonyi, pengembang utama Bravo, prosesor GUI kata pertama, yang dikembangkan di Xerox PARC. Simonyi mulai bekerja pada sebuah pengolah kata yang disebut Multi-Tool Word dan segera menyewa Richard Brodie, seorang mantan Xerox magang, yang menjadi software engineer utama. Microsoft Word 5.0 untuk DOS. Versi 1,0-4,0 memiliki antarmuka pengguna yang sama. 
Microsoft mengumumkan Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983. Namanya segera disederhanakan untuk Microsoft Word salinan demonstrasi Bebas aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World,. membuat program pertama yang didistribusikan pada-disk dengan majalah. Tidak seperti program MS-DOS paling pada saat itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse, dan mampumenampilkan beberapa format, seperti tebal, miring, dan bergaris bawah teks, walaupun tidak bisa membuat font. Ia awalnya tidak populer, karena antarmuka pengguna yang berbeda dari pengolah kata terkemuka pada saat itu, WordPerfect. Namun, Microsoft terus membaik produk, merilis versi 2.0 melalui 5.0 selama enam tahun ke depan. 
Pada tahun 1985, Microsoft Word porting ke Macintosh. Ini dibuat lebih mudah oleh kenyataan bahwa Firman untuk DOS telah dirancang untuk digunakan dengan tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Mengikuti preseden LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Macmenambahkan fitur WYSIWYG benar. Setelah rilis, Word untuk penjualan Mac lebih tinggi daripada rekan MS-DOS untuk setidaknya empat tahun. Pelepasan kedua Word untuk Macintosh, dikirim pada tahun 1987, bernama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Word untuk DOS, ini adalah usaha pertama Microsoft untuk sinkronisasi nomor versi di seluruh platform. Word 3.0 termasuk berbagai perangkat tambahan internal dan fitur baru, termasuk implementasi pertama dari spesifikasi Rich Text Format (RTF), namun terganggu dengan bug. Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word, lebih stabil 3,01 yang dikirim bebas untuk semua pengguna terdaftar 3,0. Setelah MacWrite, Word untuk Mac tidak pernah punya saingan serius pada Mac. Word 5.1 untuk Macintosh, dirilis pada tahun 1992, merupakan pengolah kata yang sangat populer karena keanggunan, relatif mudah penggunaan dan fitur ditetapkan. Banyak pengguna mengatakan versi yang terbaik dari Word for Mac yang pernah dibuat. Pada tahun 1986, perjanjian antara Atari dan Microsoft Word untuk membawa Atari ST dengan nama Microsoft Write. Versi Atari ST adalah pelabuhan 1,05 Word untuk Macintosh Apple dan tidak pernah diupdate. 
Versi pertama dari Word untuk Windows dirilis pada tahun 1989. Dengan peluncuran Windows 3,0 pada tahun berikutnya, penjualan mulai mengambil dan Microsoft segera menjadi pemimpin pasar untuk pengolah kata untuk komputer IBM PC yang kompatibel Pada tahun 1991, Microsoft Word untuk memanfaatkan popularitas Windows 'meningkat dengan merilis sebuah. versi Word untuk DOS, versi 5.5, yang menggantikan user interface yang unik dengan tampilan yang mirip dengan sebuah aplikasi Windows. Ketika Microsoft menyadari masalah 2000 Tahun, itu membuat Microsoft Word 5.5 untuk DOS yang tersedia untuk di-download gratis. Pada November 2010, masih tersedia untuk di-download dari situs web Microsoft. Pada tahun 1991, Microsoft memulai sebuah proyek kode nama Piramida untuk menulis ulang sepenuhnya Microsoft Word dari bawah ke atas. Baik versi Windows dan Mac akan mulai dari basis kode yang sama.Saat itu ditinggalkan saat dipastikan bahwa mereka akan mengambil tim pengembangan terlalu lama untuk menulis ulang dan kemudian mengejar ketinggalan dengan semua kemampuan baru yang dapat telah ditambahkan dalam waktu yang sama tanpa menulis ulang. Sebaliknya, versi-versi selanjutnya Word untuk Windows dan Mac, dijuluki versi 6.0, baik mulai dari basis kode dari Word for Windows 2.0.
Dengan rilis Word 6.0 pada tahun 1993, Microsoft kembali mencoba untuk melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produk mengkoordinasikan seluruh platform, kali ini di DOS, Macintosh, dan Windows (ini adalah versi terakhir dari Word for DOS).Memperkenalkan AutoCorrect, yang secara otomatis tetap kesalahan mengetik tertentu, dan AutoFormat, yang dapat memformat banyak bagian dari sebuah dokumen sekaligus. Sementara versi Windows diterima review menguntungkan, versi Macintosh secara luas mencemooh. Banyak menuduh itu sebagai lambat, canggung dan memori yang intensif, dan antarmuka pengguna yang berbeda secara signifikan dari Word 5.1  Sebagai tanggapan atas permintaan pengguna, Microsoft terpaksa menawarkan Word 5 lagi,. Setelah itu telah dihentikan. selanjutnya versi Word untuk Macintosh tidak lagi versi porting dari Word untuk Windows. Word 2007 icon Microsoft Word 2007Microsoft Word untuk Windows sejak tahun 1995 
Word 95 for Windows versi 32-bit pertama dari produk, dirilis dengan Office 95 sekitar waktu yang sama dengan Windows 95. Itu adalah port langsung dari Word 6.0 dan memperkenalkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah merah-coretan digarisbawahi spell-checking. Dimulai dengan Word 95, rilis Word diberi nama setelah tahun dari rilis, bukan nya nomor versi. Word 2010 memungkinkan penyesuaian lebih dari Ribbon, menambahkan pandangan Backstage untuk manajemen file, telah meningkatkan navigasi dokumen, memungkinkan penciptaan dan embedding screenshot, dan terintegrasi dengan Word Web App. Word untuk Mac 2008 ikon Microsoft Word untuk Mac sejak tahun 1995 
Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh sebagai kelompok independen dalam Microsoft terfokus pada penulisan perangkat lunak untuk Mac. Its versi pertama dari Word, Word 98, dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Word 97, dan termasuk fitur dari Word untuk Windows 97, termasuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dengan squiggles.  Pengguna dapat memilih menu dan shortcut keyboard untuk menjadi serupa dengan baik Word 97 untuk Windows atau Word 5 untuk Mac. Sayangnya, Word pada Mac dalam hal ini dan kemudian melepaskan juga menjadi rentan terhadap virus makro masa depan yang bisa kompromi Word (dan Excel) dokumen. Word 2001, dirilis pada tahun 2000, menambahkan beberapa fitur baru, termasuk Clipboard Office, yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menyisipkan beberapa item  Ini adalah versi terakhir untuk berjalan di Mac OS klasik dan., Di Mac OS X, hanya bisa dijalankan dalam Lingkungan Classic. Kata X, yang dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk berjalan secara native, dan diperlukan, Mac OS X,  dan memperkenalkan pemilihan teks non-menyebelah. Word 2004 dirilis pada Mei 2004. Ini termasuk pandangan Notebook Layout baru untuk mengambil catatan baik dengan mengetik atau dengan suara. Fitur-fitur lainnya, seperti perubahan pelacakan, dibuat lebih mirip dengan Office untuk Windows Microsoft. Merilis patch selama bertahun-tahun untuk menghilangkan paling dikenal kerentanan makro dari versi ini. Word 2008, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008, termasuk fitur Ribbon-seperti yang disebut Galeri Unsur, yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar. Hal ini juga termasuk pandangan baru difokuskan pada tata letak penerbitan, manajemen bibliografi terpadu, dan dukungan asli untuk format Open Office XML. Ini adalah versi pertama untuk berjalan secara native di Mac berbasis Intel. Word 2011, dirilis pada bulan Oktober 2010, menggantikan Galeri Elemen yang mendukung user interface Ribbon yang jauh lebih mirip dengan Office untuk Windows, dan termasuk mode layar penuh yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada membaca dan menulis dokumen, dan dukungan untuk Office Web Apps.







1.Menu File, Sub Menu File

·                     New : Membuka dockument baru yang masih kosong
·                     Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
·                     Close : Mrenutup dokumen
·                     Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
·                     Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
·                     Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
·                     Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
·                     Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
·                     Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
·                     Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
·                     Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
·                     Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
·                     Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
·                     Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
·                     Exit : menutup program Ms. word

2. Menu Edit, Sub Menu Edit

·                     Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
·                     Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
·                     Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·                     Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
·                     Office Clipboard : Membuka isi clipboard
·                     Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
·                     Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
·                     Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
·                     Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
·                     Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
·                     Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
·                     Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
·                     Go To : Menuju ke halaman
·                     Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
·                     Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word

3. Menu View, Sub Menu View

·                     Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
·                     Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
·                     Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
·                     Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
·                     Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
·                     Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
·                     Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
·                     Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
·                     Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
·                     Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
·                     Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
·                     Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
·                     Mark up : Menampilkan toollbar markup
·                     Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
·                     Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4. Menu Insert, Sub Menu Insert

·                     Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
·                     Page Numbers : Memberi nomor halaman
·                     Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
·                     Autotext : Menyisipkan kata
·                     Field : Menyisipkan field
·                     Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
·                     Comment : Menyisipkan komentar
·                     Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
·                     Web Component : Menyisipkan komponen dari web
·                     Picture : Menyisipkan gambar
·                     Diagram : Menyisipkan diagram
·                     Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
·                     File : Menampilkan toollbar markup
·                     Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
·                     Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
·                     Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

5. Menu Format, Sub Menu Format

·                     Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
·                     Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
·                     Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
·                     Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
·                     Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
·                     Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
·                     Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
·                     Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
·                     Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
·                     Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
·                     Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
·                     Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
·                     Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
·                     Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
·                     Style and Formating : Mengubah style dan format
·                     Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
·                     Object : Memformat suatu objek

6. Menu Tools, Sub Menu Tools

·                     Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
·                     paragraf dalam sebuah dokumen
·                     Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
·                     Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
·                     Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
·                     Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
·                     Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
·                     Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
·                     Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
·                     Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
·                     Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
·                     Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
·                     Template and add-ins : Mengatur tampilan template
·                     AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
·                     Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
·                     Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

7. Menu Table, Sub Menu Table

·                     Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
·                     Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
·                     Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
·                     Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
·                     Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
·                     Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
·                     AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
·                     Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
·                     Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
·                     Sort : Mengurutkan data atau teks
·                     Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
·                     Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
·                     Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise

8. Menu Window, Sub Menu Window

·                     New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
·                     Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
·                     Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

9. Menu Help, Sub Menu Help

·                     Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
·                     Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
·                     Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
·                     Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
·                     Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
·                     About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan